Sabtu, 07 Mei 2016

Rawa Tripa, Surga Penghancur Emisi yang Tersembunyi dan Tersakiti



    Rawa Tripa, Surga Penghancur Emisi yang Tersembunyi dan Tersakiti

Peta Kawasan Hutan Gambut Rawa Tripa


   و لا تفسدوا في الارض بعد اصلاحها وادعوه خوفا و طمعا ان رحمت الله قريب من المحسنين       
Artinya:”Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah( memperbikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan).Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.
         ظهر الفسد في البر و البحر بما كسبت ايدي الناس ليديقهم بعض الدي عملوا لعلهم يرجعون
 Artinya:”Telah nampak kerusakan di darat dan di aaut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibbat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).
Ayat di atas secara jelas mengatakan bahwa kita sebagai manusia dilarang keras untuk membuat kerusakan di muka bumi.Sebagai manusia, nyatanya alam hanyalah titipan dan bukan milik kita.Maka, sebagai titipan, kita harus menjaga alam dengan baik.Namun, ironisnya kita malah merusak alam.Hal ini tentunya sudah merupakan rahasia umum bahwa manausia hanya menerima apa yang ada di alam, mengeksploitasinya secara berlabihan tapi tidak mau bertanggung jawab terhadap kerusakan.Tentu, tidak semua manusia berbuat demikian.Akan tetapi, persentase orang yang berbuat kerusakan lebih banyak dari yang ingin menyelamatkan.Hal ini kemudian menimbulkan permasalahan yang lebih pelik, yaitu mampukah kita menyelamatkan alam dari tangan-tangan jahil yang hanya ingin mengambil keuntungan darinya?.
Kerusakan alam saat ini telah terjadi dimana-mana, termasuk di provinsi paling ujung pulau Sumatera, yaitu Aceh.Kerusakan alam di Aceh yang paling banyak dibahas adalah kerusakan yang terjadi di Gunung Leuser.Kerusakan yang terjadi di Leuser yang merupakan salah satu pori-pori dunia itu membuat banyak hewan dan tumbuhan kehilangan habitat.Eksploitasi terhadap kayu yang berlebihan tapi reboisasi membuat beberapa daerah di Aceh terkena imbasnya, misalnya Lhoksukon yang sering kebanjiran.
Akan tetapi, tidak banyak yang mengetahui sangat banyak masalah lingkungan lainnya yang terjadi di Aceh.Salah satunya adalah masalah Rawa Tripa .Rawa tripa adalah suatu kawasan lahan gambut seluas 61.803 hektare di pantai barat provinsi Aceh.Tripa mengandung keberagaman hayati yang tinggi.Tripa adalah salah satu dari enam tempat di mana masih terdapat orang utan Sumatera (Pongo abelii) yang terancam, dan salah satu prioritas UNEP-GRASP untuk spesies tersebut.Tripa mengandung antara 50 dan 100 juta ton karbon dan merupakan penampungan karbon yang positif (Wikipedia Indonesia). 

                                               Ekositem Tripa, Pongo abelii

Lahan gambut sendiri memiliki banyak fungsi.Lahan gambut merupakan salah satu hal ynag sangat penting untuk menjaga kestabilan lingkungan.Ekosistem gambut, nyatanya juga merupakan penyangga hidrologi dan cadangan karbon yang sangat penting bagi kehidupan.Lahan gambut juga dapat memitigasi perubahan iklim dan mengurangi pemanasan global.Semakin tebal gambut, semakin penting fungsinya dalam memberikan perlindungan terhadap lingkungan.Luas lahan gambut di Aceh mencapai 274.051,00 Ha dan kandungan karbonnya mencapai 458, 86 juta ton.

                                     Pembakaran Lahan Gambut Rawa Tripa
 Rawa Tripa merupakan salah satu lahan gambut terluas di Aceh dan merupakan tempat penampungan karbon yang sangat banyak juga.Rawa Tripa saat ini sedang terancam keberadaannya dikarenakan ada beberapa pihak yang berusaha menghancurkan Tripa dengan membakar lahan gambutnya dan menggali saluran untuk menanam sawit.Padahal, Tripa sangat penting perannya sebagai penghancur emisi.Namun, tidak banyak orang yang mengetahuinya.Hal ini terbukti saat penulis menanyakan beberapa hal tentang Rawa Tripa kepada beberapa teman yang merupakan penduduk asli dari Nagan Raya.Menurut beberapa teman tersebut, Tripa hanyalah kebun kepala sawit yang sangat besar wilayahnya.Ketika penulis bertanya apakah Mereka mengetahui bahwa Tripa sebenarnya adalah rawa gambut, mereka menjawab bahwa mereka baru mendengar hal ini untuk pertama kalinya.Keberadaan Tripa yang sangat jauh juga membuat banyak orang tidak tahu tentang Tripa.
Hal inilah yang kemudian menyebabkan kita sulit melindungi Tripa.Ketidaktahuan kita tentang Rawa Tripa saja sudah menjadi bukti bahwa eksploitasi berlebihan yang dilakukan terhadap Tripa juga  tidak kita ketahui.Fakta lain yang lebih mencengangkan sebenarnaya adalah atensi yang diberikan masyarakat untuk melindungi Tripa sangat sedikit.Sejatinya, semua hal bisa dimulai dari masyarakat karena masyarakat memiliki kekuasaan yang lebih besar daripada para akademisi dan pemerhati lingkungan.Ini fundamental dan tidak bisa ditawar.Mengajak masyarakat, memberikan sosialisasi dan menyelamatkan Tripa secara bersama-sama.
Tentunya, hal tersebut tidak akan berjalan begitu mudahnya.Namun, satu hal yang pasti, ketika kita ingin menyelamatkan lingkungan, hal yang sangat dibutuhkan adalah kesabaran dan keikhlasan.Sesuatu yang sudah rusak bisa diperbaiki, meski pada akhirnya ia tidak akan sesempurna dulu.Pun demikian halnya dengan Rawa Tripa.Rawa Tripa yang memiliki banyak fungsi tersebut akan semakin hancur jika kita tidak melindunginya bersama-sama.Oleh karena itu, kita harus menyelamatkan Rawa Tripa, setidaknya dengan tidak membiarkan lagi tangan-tangan nakal untuk menyentuh Rawa Tripa lagi.

                                                              Selamatkan Tripa!!!!!!!!!
            Selamatkan Tripa, karena kalau bukan sekarang, kapan lagi?.Haruskah kita menunggu kehancuran yang lebih besar?.Tripa adalah warisan, yang artinya, warisan tersebut nantinya juga akan dipakai oleh anak dan cucu kita, jadi kita tidak boleh semena-mena.Jika Tripa tidak dijaga, bukan tidak mungkin, Aceh yang saat ini sudah panas akan semkin panas nantinya.Maka dari itu, untuk kemaslahatan kita bersama, marilah kita sama-sama menjaga dan mempertahankan Tripa. 

1 komentar:

  1. How To Play Baccarat: A Trusted Guide to Bonuses and
    How to 메리트 카지노 주소 Play 온카지노 Baccarat · 1. Practice Baccarat · 2. 바카라 Baccarat · 3. Practice Baccarat · 4. Practice Baccarat · 5. Practice Baccarat · 6. Practice Baccarat · 7. Practice

    BalasHapus